Monday 31 August 2015

Keindahan Wisata Kuningan

Kabpupaten Kuningan merupaka salah satu wilayah di daerah Jawa Barat. Dan juga merupakan bagian dari Wilayah Tiga Cirebon atau ciayumajakuning. Di Kuningan sendiri banyak sekali objek wisata uang sangat menarik, dan juga bisa di jadikan destinasi wisata ketika anda berkunjung kesini. Apa saja Objek Wisata di Kuningan tersebut?

1. Talaga Remis



salah satu sudut telaga remis

Talaga Remis adalah sebuah danau yang berlokasi di kaki gunung ciremai. Talaga Remais berada di desa Kadueala Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan, berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Kuningan.

2. Taman Wisata Alam Linggarjati



Taman ini memiliki panorama alam yang indah dan udara yang sejuk dan segar. Tidak jauh dari taman wisata alam ini terdapat sebuah bangunan yang memiliki nilai sejarah, yaitu gedung tempat di adakannya perjanjian Linggarjati antara pemerintah Indonesia dan Pemerintah Belanda yang mempunyai daya tarik sendiri. Di taman ini anda dapat menikmati keindahan alam dan sekitarnya, seperti memancing dan berenang.

Lokasi Taman ini berada di Desa Linggarjati Kecamatn CIlimus Kabupaten Kuningan.

3. Waduk Darma



Pemandangan yang inda dan udara ang sejuk sangat cocok di jadikan sebagai tempat rekreasi keluarga libur atau waktu senggang lainnya.

4. Sumur Tujuh Cibulan



Di daerah ini terdapat sumur tujuh bulan yang merupakan tempat Petilasan Prabu Siliwangi yang di gunakan untuk bersuci ketika bersemedi dan juga merupakan salah satu tempat bersejarah dalam penyebaran Islam di Kuningan melalui kegiatan para wali songo.



Menurut cerita sesepuh atau Juru Kunci Cibulan, Cibulan berasal dari kata Cai Katimbulan atau dalam bahasa Indonesia berarti air yang timbul. Di setiap kolam renang Cibulan dihuni pula Ikan Kancra Bodas atau Ikan Dewa.

Jadi pengunjung yang berenang di Cibulan bisa langsung berinteraksi dengan Ikan Dewa berukuran kecil, sedang hingga besar. Di sini ukuran Ikan Dewa ada  sekitar 20 centimeter hingga 1 meter. Ikan Kancra Bodas atau Ikan Dewa adalah ikan yang dikeramatkan oleh warga Desa Manis Kidul, karena ikan ini memiliki keistimewaan.



Konon katanya menurut masyarakat sekitar dahulunya ikan ini adalah titisan dari prajurit Prabu Siliwangi yang membangkang dan tidak setia terhadap beliau. Ceritanya sih mereka di kutuk Prabu Siliwangi jadi Ikan Dewa, dari dulu sampai sekarang mitosnya jumlah Ikan Dewa tetap segitu, tidak bertambah atau pun berkurang. Jika ada yang mengambil atau menggangu ikan tersebut biasanya akan kena petaka

Selain kolam renang dengan ikan dewanya yang banyak dan jinak, di sudut barat pemandian ini juga terdapat tujuh sumber mata air yang dikeramatkan yang bernama Tujuh Sumur. Tujuh mata air ini berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing mempunyai nama tersendiri, yaitu:

1. Sumur Kejayaan
2. Sumur Kemulyaan
3. Sumur Pengabulan
4. Sumur Cirancana
5. Sumur Cisadane
6. Sumur Kemudahan, dan
7. Sumur Keselamatan.

5. Lembah Cilengkrang



Lembah Cilengkrang merupakan objek wisata alam di Kuningan yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Tempat wisata ini lokasinya berbatasan dengan desa Pejambon, kecamatan Kertamulya Kabupaten Kuningan. Daya tarik Lembah Cilengkrang ini adalah pemandangan alam, bumi perkemahan, ari panas dan tentunya yang utama adalah air terjun.



6. Curug Putri




Curug Putri atau Curug Ciputri, tempat ini berlokasi di kawasan Bumi Perkemahan Palutungan, tepatnya di Kecamatan Cigugur. Curug Putri berada tidak jauh dari pusat kota Kuningan, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit  anda sudah bisa sampai ke Curug Putri ini. Curug Putri memiliki tinggi sekitar 20 meter dan airnya berasal dari mata air di hutan Gunung Ciremai.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Post a Comment