Sunday 30 August 2015

Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi Saat Anda Berlibur di Majalengka

1. Kebun Teh Cipasung



Objek wisata Kebun Teh Cipasung ini merupakan perkebunan teh yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan asri. Suasana perkebunan teh memang selalu memberikan kesan yang hijau dan bisa menenangkan hati.

2. Curug Muara Jaya



Tempat wisata Curug Muara Jaya terletak di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kbupaten Majalengka. Berjarak sekitar 20 km dari kota Majalengka. Curug Muara Jaya menawarkan keindahan alam yang berupa air terjun dengan ketinggian sekitar 73 m. Disini juga seringkala di adakan upacara adat pareresan  yang biasa dilakukan ketika panen raya. Untuk memasuki wisata alam ini, anda cukup membayar tiket sebesar 4000 ribuah.

3. Curug Sawer



Sepeti halnya Curug Muara Jaya, tempat wisata Curug Sawer ini juga berupa air terjun yang berada di Desa Argalingga Kecamatan Argapura Majalengka. Curug Sawer ini sangat potensial bila dikembangkan sebagai wisata. Karena Curug Sawer mempunyai alam serta kondisi air yang masih jernih dan belum banyak terkontaminasi oleh kotoran sungai.

4. Curug Tonjong



Salah satu tempata wisata alam di Majalengka ini banyak di kunjungi para wisatawan. Objek wisata alam Curug Tonjong ini berlokasi di Desa Teja Kecamatan Rajagaluh Majalengka. Disini anda bisa melihat pemandangan air terjun yang sangat indah dan masih asri. Aliran sungainya disini cukup deras dengan adanya bebatuan di sepanjang sungai tersebut. Anda juga akan menjumpai jembatan bambu yang semakin menambah kesan alami dari curug tonjong.

5. Air Terjun Cibali




Tempat wisata di Majalengka memang sangat banyak berupa air terjun atau Curug. Salah satunya adalah Air terjun Cibali Majalengka. Wisata air terjun ini terletak di Desa Cikondang Kecamatan Cingambul Majalengka. Sama seperti tempat lainnya di Majalengka, tempat wisata ini juga terbilang masih alami, sehingga belum banyak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata ini. Tempat wisata air terjun Cibali ini biasanya banyak di kunjungi para pelajar dan kaum muda.

6. Panorama Cikebo



Panaroma Cikebo berada di Desa Tegal Sari Kecamatan Maja, dengan jarak tempuh sekitar 14 km dari pusat kota Majalengka. Objek dan daya tarik Panorama Cikebo memiliki pemandangan yang indah dan dapat dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat dan tempat bakar jagung bagi pengunjung. Akses untuk meenuju lokasi wisata ini cukup baik karena berada di pinggir jalan dan dilalui angkutan umum. 

7. Curug Sempong





Curug sempong adalah salah satu curug yang berada di kabupaten Majalengka, curug ini kurang begitu terkenal, bahkan orang majalengka pun masing asing dengan curug sempong ini, curuh ini baru di resmikan sebagai objek wisata sekitar Agustus 2014.

Curug Sempong tak jauh dari kota yang tepatnya berada di desa sidamukti, kecamatan Majalengka.mungkin sekitar 2-4 KM dari pusat kota Majalengka. belum  adanya petunjuk arah yang jelas untuk menuju kesini menjadi sulit mencari lokasi ini, untuk mempermudah kita, lalui jalan yang sama seperti ke objek wisata paralayang majalengka, karena curug sempong berada di bawah tempat paralayang majalengka namun sedikit tersembunyi, jadi GPS manusia sangat diperlukan disini.akses yang baik sampai desa sidamukti  namun setelah dekat dengan curug kita harus melalui jalan tanah, bila hujan tiba harus hati-hati karena licin ! 


Setelah sampai pos curug,kita akan menemui pos pembayaran yang sederhana, kita dikenakan biaya masuk Rp. 5000.
kita masih harus berjalan sekitar 10 menit untuk menikmati curug Sempong ini.
kita bisa berenang disini dengan catatan harus hati-hati ya !!


8. Paralayang Gunung Panten




Selain Puncak Bogor dan Sumedang, Jawa  Barat punya spot paralayang lain yang tidak kalah menawan, salah satunya adalah Majalengka

Dari pusat kota Majalengka, kita harus berkendara sekitar empat kilometer lagi untuk menuju Gunung Panten. Tidak ada transportasi umum sehingga kita harus menyewa ojek untuk mengantar kita ke atas. Tenang saja, semua tukang ojek di Majalengka pasti tahu dimana Gunung Panten.

Jika kondisi cuaca dan angin sedang baik, Gunung Panten menjadi tempat yang asyik untuk melakukan olahraga udara seperti Paralayang dan Gantolle. Berbeda dengan Puncak Bogor yang sangat ramai lalu lintas di udaranya, Majalengka lebih traffic-less alias nggak macet jadinya kita bisa terbang cukup lama.




Yang paling menyenangkan terbang di Gunung Panten adalah pemandangannya. Jika kita datang pagi-pagi sekali, sekitar jam 6 atau 7 pagi (ini artinya kamu harus berangkat tengah malam dari tempatmu atau menginap di Majalengka satu malam sebelumnya), kita dapat melihat Gunung Ciremai menjulang tinggi, gagah serta kota Majalengka yang tertutup awan kabut.

9. Telaga Nila/Biru



Talaga Nila terletak di Desa Jerukleueut Kecamatan Sindangwangi. Telaga Nila tidak terlalu luas dan besar seperti Talaga Herang, talaga ini membentang memanjag utara-selatan dengan panjang kurang lebih 80 meter dan lebar kurang lebih 18-20 meter. Keunikan dan yang menjadi ciri khas dari telaga ini adalah warna air di telaga ini berwarna biru terkadang berwarna biru kehijauan. Air di telaga ini sangat jernih hingga dapat melihat dasar dari telaga. Ditambah dengan rimbunnya pepohonan semakin menambah asri dan betah berlama-lama menikmati Talaga Nila ini. Bila baraya jago berenang bisa mencoba berenang atau snorkling di telaga ini karena beberapa jenis ikan hidup di telaga ini.



Rute menuju Talaga Nila ini cukup mudah. Patokan utamanya adalah objek wisata Talaga Herang Sindangwangi, karena lokasi Talaga Nila berada di selatan dari Talaga Herang. Bila agan mencapai Talaga Herang dari arah Sindangwangi ikuti jalan ke arah timur Talaga Herang setelah keluar dari gapura Talaga herang ada pertigan pertama, belok kanan ke jalan yang menanjak, ikuti jalan tersebut lalu agan akan menemukan pertigaan yang didepannya terdapat lapangan sepakbola, ambil jalan ke sebalah kanan lalu ikuti jalan tersebut hingga agan dapat melihat sebuah telaga disebelah kiri dibalik rimbun pepohonan nah itu dia Talaga Nila, baraya bisa memarkirkan kendaraan agan (terutama motor) di sisi telaga dengan masuk di jalan setapak dekat saluran air Talaga Nila.





Nah, bagaimana? Apakah anda tertarik untuk berwisata ke Majalengka,. Selain panorama alam yang begitu mempesona dan sangat eksotis. Di Majalengkapun anda bisa menjadikan destinasi wisata yang begitu menarik.

1 comment: