Wednesday 19 August 2015

Majalengka



Kabupaten Majalengka, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, dan Indonesia.
Ibukotanya adalah Majalengka.Kabupaten Majalengka merupan salah satu dari bagian wilayah tiga Cirebon juga. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Indramayu di utara, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan di timur, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya di selatan,serta Kabupaten Sumedang di barat. Kabupaten Majalengka terdiri atas 26 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Majalengka. Kantor Bupati terletak di Pendopo, selatan dari Alun-alun Majalengka berdekatan dengan Masjid Agung Al Imam.



Ada banyak versi yang tentang asal muasal kata Majalengka. Menurut Tatang M. Amrin, nama Majalengka berasal dari nama kuno yang dipakai (sinonim) untuk menyebut Majapahit atau Majalangu. Maja lengka artinya Maja pahit, atau buah yang pahit. karena ada juga buah maja yang manis (maja legi).


buah maja pahit




buah maja manis (maja legi)

Ada versi lain juga yang mengakatan, bahwa kata majalengka berasal dari ucapan Pangeran Muhamad atas hilangnya Nyi Rambutkasih, "madya langka" yang berarti putri cantik yang telah hilang. sehingga kata-kata itu kemudian orang menyebutnya Majalengka. (baca juga : sejarah majalengka)

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Post a Comment